Wujudkan Rumah Impian, Bukanlah Mustahil bagi Milenial

Oleh MinPro
Senin, 06 Des 2021 22:32:02

JAKARTA - Untuk mewujudkan rumah impian, bukanlah hal yang mustahil bagi generasi milenial. Kuncinya hanya disiplin menabung untuk bayar cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) disetiap bulannya hingga berakhir masa tenor. Hal tersebut ditegaskan Marketing & Community Manager Indonesia Properti Expo (IPEX) Nita Afriani, terkait motivasi untuk mewujudkan rumah impian bagi milenial.

Kendati demikian, Nita Afriani berpesan jangan sembarangan memilih properti karena ada beberapa point penting yang harus diperhatikan. Diantaranya terkait menggunakan jasa developer, khususnya bagi pembeli rumah pertama poin ini sangat penting. "Cari tahu riwayat developer tersebut, harus mempunyai latar belakang yang jelas. Bukan rahasia umum lagi, tak sedikit oknum pengembang yang memanfaatkan kondisi ketidaktahuan pencari rumah untuk meraup keuntungan pribadi atau melakukan penipuan," pesan Nita.

Ia juga mengingatkan untuk mempertimbangkan harga rumah yang ditawarkan oleh developer. Misalnya, ketika developer atau pemilik rumah sudah menawarkan usahakan jangan langsung menyetujui. "Harus memperhatikan faktor lain misalnya menilai harga itu sudah sesuai dengan kondisi rumah yang ditawarkan. Langkah itu bisa dilakukan mulai memperbandingkan harga properti lain sebagai dasar pertimbangan," ujar Nita.

Kemudian, pastikan sistem pembayaran apakah secara cash keras atau menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. "Jika menggunakan skema KPR, harus mengurus pengajuan jauh-jauh hari karena prosesnya yang tidak sederhana," ujarnya.

Skema KPR juga harus menghitung besarnya uang muka, karena beli rumah secara kredit dipastikan akan membayar sisa angsuran-angsuran selanjutnya dari uang muka yang sudah disepakati. "Pada dasarnya fungsi rumah merupakan tempat berlindung. Oleh karena itu, pilih rumah yang nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan hidup seusai dengan budget," pungkasnya.