Tips Pengajuan KPR untuk Karyawan Kontrak Outsourcing

Oleh MinPro
Selasa, 15 Jun 2021 05:40:59

JAKARTA - Ini merupakan kabar gembira khususnya bagi karyawan kontrak outsourcing, karena dapat kemudahan dalam pengajuan  Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Kebijakan ini bisa dinikmati bagi pegawai kontrak dan outsourcing melalui PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). Kendati demikian, ada batasan-batasan yang menyertai di antaranya pegawai kontrak yang ingin mengajukan KPR subsidi hanya bisa memilih rumah dengan harga maksimal Rp 168 juta.

BACA JUGA: Cara Pengajuan KPR Agar Disetujui Bank

Sebelum itu, pegawai kontrak dan outsourcing yang mengajukan KPR subsidi BTN tetap harus membayar uang muka cukup 1% dari harga rumah yang diajukan. Misal yang diajukan harganya Rp 168 juta, maka uang mukanya RP 1,68 juta. Untuk bunganya adalah suku bunga tetap 5% dan dapat dicicil sampai 20 tahun. Dengan skema tersebut, maka kira-kira cicilan yang harus disetor tiap bulan adalah Rp 1.097.638. Untuk pembayaran pertama, total yang harus dibayar ditambah uang muka adalah sekitar Rp 2.777.638.

BACA JUGA: Cara Pelunasan KPR yang Menguntungkan!

Selanjutnya untuk mencari rumah KPR subsidi sesuai domisili masing-masing bisa dengan mendatangi laman btnproperti.co.id. Di samping kiri laman, klik garis 3 dan klik Cari Properti. Di sana, tinggal memasukkan lokasi yang diinginkan lalu pilih rumah dengan harga yang cocok.  Kemudian seperti apa tips untuk mendapatkan hunian ini? Yuk simak syarat dan pengajuan KPR untuk karyawan kontrak.

BACA JUGA: Prosedur Take Over KPR dan Syaratnya

Apapun persyaratannya, siapkan kelengkapan dokumen, seperti;

1. Isi formulir pengajuan kredit dilengkapi pasfoto terbaru pemohon dan pasangan. 

2. Fotokopi e-KTP, 

3. Kartu keluarga, 

4. Surat nikah atau cerai, 

5. Surat keterangan penghasilan, 6. Rekening koran 3 bulan terakhir, 

7. NPWP/SPT PPh 21, 

8. Surat pernyataan belum memiliki rumah.

Berkas permohonan akan diproses Bank BTN. Jika disetujui, pemohon mempersiapkan kecukupan dana di tabungan BTN. Selanjutnya proses akad kredit dan mulai proses pencairan pinjaman. Selamat mencoba!