Tips Cerdas Punya Rumah Setelah Nikah

Oleh MinPro
Jumat, 19 Feb 2021 07:20:16

JAKARTA -  Pasca berlangsungnya pernikahan merupakan masa transisi menuju kehidupan baru bersama pasangan hidup. Punya rumah adalah menjadi target awal, agar bisa hidup mandiri. Tentunya, langkah untuk mewujudkan punya rumah sendiri sebagai kebahagiaan membangun rumah tangga lebih tenang dibandingkan masih dalam kondisi ikut mertua.

Kendati demikian, disisi lain memanfaatkan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi keresahan tersendiri. Apalagi kondisi keuangan yang sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta kemampuan bayar cicilan KPR. Apalagi, dengan perhitungan usia yang relatif lebih mudah untuk pengantin baru memiliki peluang tenor KPR yang cukup panjang supaya cicilan setiap bulan ringan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk persiapan budget untuk beli rumah yang akan ditempati setelah menikah dengan pasangan hidup. Nah, yuk cermati tips cerdas punya rumah setelah menikah;

1. KONDISI FINANSIAL

Kondisi finansial merupakan hal yang sensitif. Jika tidak dipersiapkan dengan matang, pemenuhan kebutuhan akan menjadi persoalan. Dalam kehidupan berumah tangga, sudah seharusnya siap mengatur keuangan dengan bijak. Banyak kebutuhan utama dalam berumah tangga yang harus dipenuhi dan dipikirkan sejak awal yaitu rumah pribadi. Tempat tinggal yang aman dan nyaman merupakan kebutuhan yang penting untuk kehidupan berumah tangga bahagia. Untuk mencapai itu harus menyesuaikan antara kemampuan finansial dengan jenis rumah yang bisa dibeli. Utamakanlah kebutuhan terlebih dahulu. Jadi, pilihlah rumah yang memadai dan bisa dibeli dengan dana yang tersedia.

2.TABUNGAN KHUSUS

Persiapan pernikahan tidak hanya melulu soal akad dan resepsi. Persiapan beragam kebutuhan setelahnya juga menjadi tanggungan yang harus dipikirkan sejak sebelum menikah. Tujuannya agar semuanya sudah siap setelah menikah dan tidak menjadi beban pikiran bersama pasangan. Untuk mempunyai rumah sendiri setelah menikah, bisa membuka tabungan khusus.

Pengumpulan dana untuk beli rumah bisa diusahakan dengan cara menabung pada tabungan khusus. Hal ini bisa membuat tetap konsisten dalam menabung demi terkumpulnya dana untuk membeli rumah pribadi bahkan sesuai impian bersama.

3. INVESTASI

Disamping menabung, langkah investasi bisa dilakukan untuk menambah pengumpulan dana beli rumah. Mengikuti program investasi yang aman dan mudah, seperti reksadana atau emas. Investasi reksadana ini juga minim risiko, sedangkan emas juga menguntungkan karena punya nilai yang cenderung meningkat. Keuntungan investasi dapat menambah dana beli rumah.

4. MENCARI INFORMASI

Rumah yang aman dan nyaman merupakan kriteria utama yang mempunyai banyak makna. Aman mencakup kriteria rumah dengan lokasi yang strategis atau tidak terpencil, mempunyai gerbang pengaman, kokoh, dan tidak mengalami kerusakan sedikitpun. Kriteria nyaman di sini berarti bersih, rapi, indah, dan tentunya memadai untuk ditempati seluruh anggota keluarga nantinya. Jadi, harus memikirkan kriteria rumah tersebut sebagai pedoman dalam memilih rumah yang akan dibeli untuk dijadikan tempat tinggal.

Sebagai saran, hendaknya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai rumah yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Lakukan pencarian dengan memanfaatkan layanan digital seperti laman indonesiapropertiexpo.com, kemudian dilanjutkan survei untuk melihat kondisinya dan sesuaikan antara harga dengan spesifikasi rumah.

5. PERTIMBANGAN KPR

KPR salah satu cara yang bisa menjadi solusi pembelian rumah ketika dana yang tersedia belum mencukupi untuk beli rumah secara tunai. Melalui cara ini, bisa mewujudkan impian membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Angsuran pokok dan biaya kredit lainnya dapat dibayarkan sampai lunas nantinya. Akan tetapi, harus memperhatikan kemampuan finansial sebelum menyetujui permohonan KPR. Sesuaikan kemampuan finansial dengan harga rumah dan jenis kredit yang akan diambil.

Selain itu, juga harus memilih pihak yang terpercaya untuk mengajukan KPR diantaranya seperti Bank BTN sebagai pelopor dalam pembiayaan perumahan. Dengan demikian, risiko kredit dapat diminimalkan. Punya rumah pribadi adalah tujuan penting setelah menikah dan harus dipersiapkan sejak awal. Mewujudkan tujuan mulia demi kebahagiaan dan ketenangan berumah tangga memang membutuhkan dana tidak sedikit.

Beragam tips yang disajikan oleh laman indonesiapropertiexpo.com merupakan salah satu bagian dari upaya membantu infomrasi tentang mempersiapkan beli rumah. Sesuaikan saja antara kebutuhan dan kemampuan untuk beli rumah aman dan nyaman. Semoga bermanfaat ya!