Shio Kelinci Air 2023, Industri Properti Masih Bertahan!

Oleh MinPro
Senin, 23 Jan 2023 13:24:24

MESKIPUN tergolong melandai, di tahun shio kelinci air 2023 ini industri properti diprediksi masih bisa bertahan.

Pakar Feng Shui Yulius Fang menilai apabila dibandingkan tahun macan air, tentu sektor properti lebih cuan pada tahun tersebut.

"Untuk sektor properti, meski tidak berjaya seperti di tahun macan air ini, masih bisa bertahan," jelas Yulius Fang, belum lama ini.

Menurutnya, masyarakat masih bisa transaksi di saham perbankan, tapi perbankan digital ditakutkan koreksi.
"Perbankan tradisional masih bisa terutama apabila ada koreksi seperti itu," tambah Yulius Fang.

Vice Presiden PT. Adhouse Clarion Events Gad Permata sebagai penyelenggara pameran reguler tiga kali dalam setiap tahun mengatakan, pasar di sektor properti tetap optimis di tahun 2023 ini.

"Properti adalah salah satu produk unik dibandingkan jenis ilustrasi investasi lainnya. Hal itu terbukti ketika awal tahun 2022 pasca pandemi pada pameran perdana yang sebelumnya diprediksi sepi, namun justru sebaliknya pengunjung sangat antusias dan nilai transaksi cukup tinggi," jelas Gad Permata.

Lebih lanjut dikatakan Gad Permata, apalagi di tahun 2023 para pelaku bisnis properti semakin optimis karena pemerintah secara resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pastinya ini sebuah peluang yang baik bagi pengembang perumahan maupun untuk masyarakat yang sedang mencari rumah baru serta ingin melakukan investasi," ujarnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang terlihat semakin baik dinilai akan berdampak bagus pada sektor properti.
"Kalau ekonomi semakin baik, artinya perputaran uang juga makin sehat dan masyarakat sangat berpeluang bisa mewujudkan punya rumah sendiri," tambah Gad Permata.

Salah satu peluang agar bisa memiliki rumah sendiri yaitu memanfaatkan penawaran menarik dari pengembang perumahan hingga potongan harga setiap pembelian properti.

"Banyak menawaran menarik tidak hanya dari pengembang perumahan, tapi juga ada kemudahan layanan perbankan hingga proses pengajuan KPR lebih mudah," kata Gad Permata.

Kesempatan itu, masih dikatakan Gad Permata, hanya ada di ajang Indonesia Properti Expo yang akan berlangsung pada 11 - 19 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

DSCF3519

Panduan Beli Rumah bagi Pemula

Head of Marketing PT Adhouse Clarion Events (ACE) Abdi Fajrin menjelaskan terkait paduan beli rumah bagi pemula.

Tak sedikit manfaat berkunjung di sebuah event besar seperti pagelaran Indonesia Properti Expo (IPEX) yang bisa menambah wawasan sekaligus menjadi panduan beli rumah bagi pemula.

"Beli rumah di pameran memberikan manfaat dan mempermudah bagi calon pembeli sekaligus bisa minimalisir budget," kata Abdi Fajrin.

Menurutnya, manfaat yang paling bisa dirasakan bagi pengunjung pameran properti yaitu konsultasi gratis.

Khusus bagi pemula, masih dikatakan Abdi Fajrin, sangat membutuhkan beragam informasi terkait proses atau tahapan cara beli rumah sampai bagaimana mengenal pengembang yang bisa dipercaya menjadi salah satu catatan penting.

IMG_1219

Apa Itu IPEX Loyalty Member

Sebagai calon pembeli rumah pertama, dapat mendengarkan penjelasan secara detail terkait informasi seputar properti sambil menikmati kopi gratis yang telah disiapkan di booth ILM tersebut.

Pada booth ILM ini calon pembeli rumah bisa mengajukan beragam pertanyaan langsung kepada konsultan yang siap menjawab seluruh kebutuhan informasi.

"Misalnya bisa bertanya tentang proses KPR, tahapan pengajuan berkas, persyaratan, perizinan, legalitas, hingga cara memilih lokasi yang tepat sebelum beli properti," kata Abdi Fajrin.

Selain itu, calon pembeli rumah yang berkunjung di pameran tidak hanya mencari properti.

Bahkan bisa membawa putra-putrinya ikut partisipasi pada kegiatan aktivitas harian seperti lomba menggambar dan mewarnai, lomba menyanyi, hingga permainan game lainnya yang bikin betah berada di area pameran.

DSCF3632

Banyak Pilihan dan Hemat Waktu

Manfaat lain berkunjung di pameran properti yaitu banyak pilihan dan hemat waktu. Terlebih ketika berkunjung di area pameran banyak penawaran dari berbagai pengembang perumahan dengan beragam jenis tipe, desain, hingga pilihan jenis pembiayaan.

Bagi calon pembeli rumah pertama, bisa lebih menghemat waktu karena seluruh proyek tersedia dalam satu tempat tidak harus berkunjung satu persatu.

Dari sisi budget, manfaat lain berkunjung di pameran properti ini yaitu penawaran harga yang lebih kompetitif dan banyak promo menarik.

IMG_6939

Kenali Rekam Jejak Pengembang

Keterbatasan lahan karena terus meningkatnya permintaan hunian, membuat pengembang atau developer mencari alternatif bagi setiap orang yang ingin beli rumah.

Namun beli rumah melalui jasa developer tetap mengandung risiko hingga menimbulkan kerugian yang tak sedikit nilainya.

Oleh sebab itu, agar terhindar dari berbagai resiko tersebut wajib hukumnya mengenali rekam jejak pengembang.

Mengetahui reputasi developer, merupakan langkah awal yang harus dilakukan bagi setiap calon pembeli rumah pertama.

Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir timbulnya kerugian dikemudian hari.

Resiko yang ditanggung dalam beli rumah pertama ini tentu sangat besar, meskipun dilakukan dengan cara kredit.

Bahkan, ketika ingin melunasi rumah tersebut bisa saja terjadi gagal bangun karena adanya oknum pengembang yang mengabaikan tanggung jawabnya.

Pastikan memilih developer dengan reputasi yang baik, dan memiliki kinerja bertanggung jawab, sehingga berbagai urusan terkait dengan pembelian ini bisa berjalan dengan lancar.

Ketika beli rumah melalui jasa developer, maka proses penyelesaian sertifikat rumah berawal dari nama developer itu sendiri.

Langkah ini akan membutuhkan waktu proses agar bisa dialihkan atas nama pemilik barunya. Karena itu, sangat penting untuk menanyakan sejak awal, kapan sertifikat tersebut bisa dialih namakan kepada konsumen.

Pada umumnya hal ini juga akan tercantum di dalam surat perjanjian jual beli, namun selalu pastikan juga menanyakannya secara langsung kepada pihak pengembang.

 

Semoga bermanfaat ya!

 

-

Kunjungi juga event terbesar di Indonesia Properti Expo mulai 11 - 19 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Ikuti juga informasi terupdate hanya di sosmed IPEX;

Instagram@indonesiapropertiexpo
Tiktok@indonesiaproeprtiexpo