Pengawai Outsourcing Dipermudah Punya Rumah

Oleh Admin
Monday, 26 Apr 2021 22:20:51

JAKARTA -  Ini merupakan kabar gembira bagi para pekerja kontrak maupun outsourcing. Pasalnya, pekerja tidak tetap ini memperoleh kemudahan dalam mengapai impiannya mewujudkan punya rumah sendiri melalui pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi yang difasilitasi oleh PT Bank Tabungan Negara(BTN). Bahkan, untuk bisa menjangkau kalangan ini plafon dari KPR subsidi tak boleh lebih dari Rp 168 juta. 

Selain itu, bahkan tidak sulit menemukan rumah KPR subsidi yang ditawarkan tersebut. Pegawai kontrak dan outsourcing bisa menemukan rumah murah itu di seluruh Indonesia. "Lokasinya banyak (rumah seharga maksimal Rp 168 juta) di seluruh Indonesia ada. Developer BTN kan di seluruh Indonesia," jelas Nixon.

Kendati demikian, Nixon menegaskan, tentu rumah harga maksimal Rp 168 juta tersebut tidak ada di pusat kota. "Yang nggak ada di Jakarta, kalau deket Jakarta ada, di Cikarang," jelasnya.

Kemudian, sejumlah lokasi yang menawarkan rumah itu salah satunya di Kabupaten Karawang. Perumahan itu tepatnya berada di Grand Permata Residence Karawang yang dikembangkan oleh PT Harika Propertyndo Utama.

Selanjutnya ditawarkan rumah murah di perumahan Arja Mukti Kencana Raya, Kabupaten Tasikmalaya. Nah bagaimana cara menghitung biaya pengajuan KPRnya? Untuk pegawai kontrak dan outsourcing yang mengajukan KPR subsidi tetap harus membayar uang muka 1% dari harga rumah. Misal yang diajukan harganya Rp 168 juta, maka uang mukanya RP 1,68 juta.

Lalu untuk penerapan suku bunga tetap 5% dan dapat dicicil sampai 20 tahun. Dengan skema tersebut, maka kira-kira cicilan yang harus disetor tiap bulan adalah Rp 1.097.638. Untuk pembayaran pertama, total yang harus dibayar ditambah uang muka adalah sekitar Rp 2.777.638. Untuk harga rumah yang lebih murah dari itu cicilannya tentu lebih kecil lagi. Misal untuk rumah di daerah Kabupaten Karawang yang dijual dengan harga Rp 109,4 juta, bisa dicicil kira-kira Rp 587.122/bulan.

Kemudian, untuk pencarian rumah KPR subsidi sesuai domisili masing-masing bisa dengan mendatangi laman btnproperti.co.id. Di samping kiri laman tersebut, klik garis 3 dan klik Cari Properti. Di sana, tinggal memasukkan lokasi yang di inginkan lalu pilih rumah dengan harga yang cocok.