Optimis Pertumbuhan Pasar Properti 2021 Terus Membaik

Oleh MinPro
Senin, 22 Mar 2021 06:29:58

JAKARTA - Sejumlah kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 terlihat mulai memperlihatkan hasil. Tak hanya itu, sejumlah pengembang mengaku sangat optimis bahwa pertumbuhan pasar properti di tahun 2021 akan terus membaik. Corporate Marketing Manager PT Adhi Commuter Properti (ACP) Djoko Santoso membenarkan, pihaknya selaku pengembang mengaku diawal tahun 2021 lebih optimis dibandingkan di tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Pengembang Optimis Pasar Properti 2021 Terus Membaik

"Saya di tahun ini lebih optimislah dibandingkan tahun kemarin di awal pandemi. Sebenarnya investor pun bukan nggak punya duit, tapi dia yang pertama itu takut ras (tingkat kepercayaan). Karena sempat di beberapa negara di luar negeri kan ada ras-ras, terus nahan dulu, tapi setelah mulai kelihatan stabil, mereka mulai lagi," ungkap Djoko Santoso dalam acara ngobrol santai bareng Minpro bertajuk 'Kupas Tuntas Insentif DP 0 Rupiah dan Bebas PPN Pembelian Properti' di webinar chapter 1 pada Minggu, (21/3/2021).

Lebih lanjut dikatakan Djoko, meningkatnya gairah di sektor properti dibuktikan dengan masuknya investor di ACP hingga 60 persen lebih. "Kami di Adhi Commuter Properti investor sudah mulai masuk lagi sekitar 60 persen lebih. Tapi memang sebelumnya kita targetkan end user dan end user, karena yang butuh properti siapa sih pastinya end user sehingga program-program di perbankan yang kita genjot habis-habisan," tambahnya.

BACA JUGA: Properti Optimis Bangkit, Developer Ini Gelontorkan Dana 2,5 Triliun

Apalagi, masih dikatakan Djoko, pemerintah terus memberikan support melalui sejumlah kebijakan yang sangat positif. "Dengan adanya insentif PPN untuk menggairahkan kembali geliat dunia properti ya, tentunya ini juga membantu developer gitu yang sudah memiliki unit-unit ready," kata Djoko. 

Selain itu, pemulihan di industri properti juga paling ditunggu bagi sektor lain yang menjadi turunannya. "Karena aktifnya dunia properti itu turunannya banyak yang ikut merasakan aktif yaitu seperti supplyer material bangunan, kontraktor, pokoknya banyak banget turunannya di belakangannya itu," ujar Djoko.

Hal senada juga dikatakan VP Marketing PT Waskita Karya Realty Gayatri Priyamitra Widitya pada acara webinar yang diselenggarakan PT Adhouse Clarion Events tersebut. Ia menilai, developer lebih semangat di tahun 2021 terlebih para investor properti mulai melek program vaksinasi massal yang terus digalakkan pemerintah."Karena kemarin investor lebih waiting dan mikir apakah ekonomi tahun depan lebih bagus atau nggak. Nah, sekarang investor sudah mulai melek dengan adanya vaksin, semua sudah divaksin jadi sektor ekonomi Indonesia akan pulih menjadi normal kembali," ujarnya.

BACA JUGA: PPKM Tak Pengaruhi Penualan Rumah Tapak, Ini Sebabnya

Menurutnya, program vaksinasi yang gencar dilakukan tidak hanya mampu mengembalikan kepercayaan investor properti. "Nah, mereka lagi pada melek nih semua, investor pada ingin naruh duitnya di investasi beli aset baru lagi. Ditambah lagi, ada program-program dari pemerintah yang sangat menggairahkan lagi seperti free PPN, DP 0 persen, serta diberikan kemudahan itu untuk jalur khususlah ini untuk beli properti baru," terang Gayatri. 

Gayatri mengakui, justru dalam kondisi seperti sekarang banyak orang yang memanfaatkan peluang kebijakan dan layanan kemudahan.  "Malah menurut aku sekarang orang-orang malah berlomba-lomba menggunakan kartu AS-nya untuk dipakai. Jadi seperti free PPN ini satu orang satu, nah kartu AS-nya ini perlu harus dipakai semuanya karena pada berlomba-lomba malah, jadi konsumen yang mencari developer saat ini, nah tinggal developernya aja mau nambah gimmick khusus apalagi biar menambah program pemerintah semakin seksi begitu," pungkas Gayatri.

BACA JUGA: 
Pemerintah Lanjutkan Insentif PPN di Sektor Properti