Mengenal Pentingnya Ventilasi Udara di Rumah

Oleh MinPro
Kamis, 18 Mar 2021 20:44:57

JAKARTA - Sirkulasi udara segar sangat penting diterapkan pada disetiap ruang dan rumah impian. Kebutuhan udara segar, tak hanya dari luar rumah, tapi juga bisa dinikmati dalam rumah melalui sirkulasi udara yang baik dari ventilasi. Nah, sejauh mana sih pentingnya ventilasi udara di rumah? Tak ada ventilasi menyebabkan rumah menjadi pengap karena tidak ada pergantian udara dari luar kedalam ruangan. 

Kondisi ini bisa membuat penghuninya rentan terserang penyakit. Ventilasi rumah berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan keluarga di rumah. Apalagi, ventilasi ini membantu menghilangkan kelembapan, asap, bau masakan, dan polutan yang ada di dalam rumah. Ketika berpikir kualitas udara di luar rumah tidak terlalu bagus, terutama jika tinggal di pusat kota yang ramai. Jangan salah, karena dalam banyak kasus, udara di dalam rumah justru bisa lebih tercemar daripada udara di luar.

Ventilasi rumah yang baik akan membantu mengeluarkan penumpukan polutan, bakteri, kelembapan, dan bau tidak sedap yang ada di dalam rumah. Alasan lain mengapa ventilasi rumah penting karena jumlah sirkulasi udara yang tepat akan membantu mengontrol kelembapan yang ada di seluruh rumah. Dengan adanya ventilasi rumah, semua barang-barang yang ada di dalam rumah, termasuk dinding dan lantai, akan tetap kering sehingga bisa terhindar dari kelembapan yang merusak struktur bangunan.

Selain berfungsi untuk mengurangi kelembapan, ventilasi rumah juga dapat mencegah pertumbuhan jamur yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ruangan akan menjadi panas, gelap dan pengap karena tidak adanya ventilasi rumah yang baik sehingga tak jarang, orang-orang mengandalkan penyejuk ruangan, seperti AC atau kipas angin. 

Begitu pula dengan penerangan. Padahal apabila menerapkan ventilasi rumah yang baik, maka udara dan pencahayaan alami bisa masuk ke dalam rumah. Hal tersebut tanpa disadari dapat menghemat listrik di siang hari. Selanjutnya, jika setiap rumah pasti dipenuhi dengan volatile organic compound (VOC) yang berbahaya. VOC atau senyawa organik yang mudah menguap banyak ditemukan pada produk-produk pembersih, perabot, cat, dan karpet rumah tangga.

Jika dapat mencium aroma yang berasal dari barang-barang rumah tangga tersebut, maka dapat dijamin itu adalah VOC. Dalam konsentrasi tinggi, VOC bisa beracun. Ventilasi rumah terbukti dapat menurunkan konsentrasi VOC yang berbahaya dengan membuangnya keluar lewat sirkulasi udara yang baik.