Cari Cuan Di Tengah PPKM Darurat? Begini Caranya!

Oleh MinPro
Selasa, 06 Jul 2021 19:30:58

JAKARTA -  Tak mudah memang mencari cuan di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, demi untuk keberlangsungan hidup. Namun tak perlu panik, karena ada solusi dalam menghadapi kondisi yang bikin dilema tersebut. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah online marketing atau pemasaran online.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19 Membuat Ekonomi Debitur Ikut Terdampak

Cara ini sangat penting ketika mencari peruntungan di tengah PPKM darurat. Terlebih penggunaan internet dan media digital juga banyak digandrungi seluruh lapisan masyarakat. Ditambah lagi, banyak sarana dari online marketing yang tersedia gratis maupun berbayar dengan harga terjangkau.  Kendati demikian, pemasaran online tetap membutuhkan strategi agar perencanaan mencari cuan di tengah pandemi membuahkan hasil. 

Nah, cara mencari cuan paling mudah di tengah PPKM yaitu di sektor properti. Lalu seperti apa caranya? Yuk, simak ulasan sebagai berikut ini!

BACA JUGA: Industri Properti Bakal Kembali Bangkit

TERAPKAN STRATEGI DIGITAL

Langkah awal dalam mencari cuan di pasar properti yaitu memiliki website properti atau blog profesional. Website ibarat wajah utama bisnis ketika mengawali bisnis ini. Dalam website, bisa memajang segala informasi tentang produk bisnis yang dipasarkan. Alih-alih menggunakan iklan berbayar di Google Ads, juga dapat mengoptimasi konten website dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO berkutat di dunia konten dan kata kunci yang digunakan, oleh karena itu,  konten menarik dan mengikuti standar SEO memiliki peluang untuk dibaca banyak orang. Setelahnya, tinggal menunggu calon pembeli menghubungi lewat informasi yang diberikan dalam konten tersebut.

LAYANAN PESAN

Kemudian, kuasai layanan pesan singkat. Dalam digital marketing juga menitikberatkan pada kecepatan respons. Dengan perkembangan zaman, sangat memungkinkan konsumen dan penjual untuk berkomunikasi lewat fitur chat seperti WhatsApp, Line Official, atau layanan chat customer service dari website bisnis yang dimiliki.

MEDIA SOSIAL

Selanjutnya, mengenai sosial media, Indonesia merupakan salah satu pengguna yang paling banyak. Masyarakat atau market sangat aktif di dunia maya dan jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube. Bahkan, perilaku pasar properti mulai menyasar pada media sosial itu sebagai teknik pemasaran online yang efisien. Media sosial berperan sebagai marketing gallery online untuk calon pembeli properti.

Selain itu, dibutuhkan tim yang profesional adalah keharusan. Dimulai dari branding, fotografer profesional dan copywriter profesional. Gambar adalah elemen terpenting yang membuka gerbang pembeli dalam memilih jenis produk properti. Sebelum harga dan aspek lain, yang dilihat pertama kali seorang calon pembeli tentu saja gambarnya.

Selain Facebook, Instagram dianggap sebagai sarana memasarkan properti yang sangat efektif. Potensi Instagram sangat besar. Terdapat beberapa agen properti dengan pengikut ribuan hingga ratusan ribu. Instagram yang bagus adalah memiliki tema tertentu. Ada juga yang fokus pada desain interior dan furniturnya. Instagram yang profesional selalu memilih foto dengan saksama. Hanya gambar dengan kualitas tinggi dan konten yang berkualitas yang akan dipilih. Jangan lupakan aspek copywriting di judul foto instagram atau jenis media sosial lainya.

AKTIF PENCARIAN PROPERTI

Selanjutnya, cara marketing online paling mudah di peringkat kedua adalah menjadi aktif di situs properti. Ada kalanya harus memikirkan perspektif ‘partnership’ dibanding berdiri sendiri. Langkah ini dilakukan karena ada banyak portal dan situs-situs pencarian rumah yang tersebar di dunia maya. Portal-portal ini merupakan platform besar yang tentunya jika ingin menyaingi mereka dengan situs sendiri tentu akan mengeluarkan lebih banyak usaha dan biaya. 

Oleh karena itu pertimbangkanlah untuk menjadi salah satu anggota mereka atau menjadi pemasang iklan di platform tersebut. Dalam platform properti di internet, sebagian besar  adalah portal real estate. Agen real estate memberikan sejumlah uang untuk menghasilkan lebih banyak tampillah yang menarik pengunjung. Imbasnya, akan lebih banyak penawaran yang masuk ke dalam agen real estate.

Untuk penjualan online ini, penting bagi agen untuk menyebarkan informasi produk yang mereka jual kepada publik. Ada juga fitur coming soon properti yang memberi tahu publik, properti apa yang akan ditawarkan. Dalam portal properti ini, calon pelanggan harus mendaftarkan diri kepada kontak yang telah diumumkan untuk berhubungan dengan Anda.

LAKUKAN OPEN HOUSE

Survei langsung lokasi marketing gallery masih menjadi tren yang populer bagi para pencari properti. Tapi cara ini harus dilakukan pasca PPKM Darurat, karena beberapa aturan protokol kesehatan (prokes) harus tetap ditaati. Selain itu, visit langsung ke lokasi proyek properti memang lebih meyakinkan calon konsumen dalam menentukan pilihan properti. Konsumen bisa mengunjungi langsung dan menyesuaikan jenis tipe unit properti sesuai seleranya.

Cara lain juga bisa melihat secara langsung ukuran sebuah ruangan, bagaimana kondisi furniturnya, dan lain sebagainya. Lakukan open house, hubungan dengan pembeli semakin baik dan menjadi sarana untuk menambah kepercayaan konsumen pada agen properti pilihannya. Namun, yang menjadi kendala bila produk properti belum memiliki bangunan. Oleh karena itu, di sinilah manfaat teknologi virtual. Perkembangan dari informasi berbasis multimedia sehingga penggunanya dapat berhubungan dengan lingkungan yang tidak ada di dunia nyata dapat divisualisasikan oleh komputer.

Tersedianya layanan virtual, mencari dan membeli properti jadi sangat mudah. Pencari properti tak harus datang ke lokasi dibangunnya proyek. Layanan virtual memiliki keunggulan dibanding teknologi lain yaitu kesan seolah berada di dunia nyata, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan calon pembeli akan informasi mengenai sebuah properti. 

Selamat mencoba!