Cara Merawat Peralatan Dapur

Oleh MinPro
Jumat, 23 Apr 2021 20:58:09

JAKARTA - Punya rumah yang bersih, nyaman dan sehat pastinya menjadi idola bagi banyak orang. Kendati demikian, tak jarang muncul masalah baru misalnya seperti persoalan kebersihan dapur. Tentu ini akan menimbulkan bau tak sedap hingga semrawutnya perabotan dapur yang tak enak dipandang mata.

Apalagi, rutinitas memasak terkadang menyisakan sisa-sisa kotoran yang sering luput dari perhatian oleh penghuninya. Apabila dibiarkan terus menurus, kotoran itu tentunya akan menjadi sumber penyakit dan lambat laun akan merusak perabotan. Nah bagaimana cara merawat perabotan dapur agar tetap bersih dan sehat? Yuk simak ulasannya.

WAJAN GOSONG

Wajan terkadang bisa terlihat gosong (warna hitam pekat) akibat memasak sesuatu terlalu lama. Wajan yang gosong termasuk sulit membersihkannya. Tapi, jangan takut. Ada cara mudah dan praktis untuk membersihkan wajan. Manfaatkan air dan beberapa tetes sabun cuci piring. Caranya, bersihkan dahulu makanan yang melekat (gosong) pada wajan. Selanjutnya masukkan air dan satu atau dua tetes sabun cici piring. Panaskan di atas api sambil dibersihkan.

ANTI LENGKET

Wajan atau penggorengan antilengket tidak boleh tergores. Jika tergores, lapisan antilengketnya pun akan rusak/hilang. Sayang sekali, jika perabotan yang harganya lumayan mahal ini menjadi rusak dan tak berguna. Untuk mencegah terjadinya goresan pada wajan antilengket, letakkan kain cempal di antara wajan atau penggorengan saat ditumpuk di lemari.

BERSIHKAN OVEN

Peralatan selanjutnya yaitu oven. Ini merupakan salah satu peralatan memasak, oven harus selalu bersih dan siap untuk digunakan. Untuk membersihkan oven, cukup gunakan garam. Caranya, taburkan garam di atas permukaan oven yang kotor. Sebaiknya, bersihkan oven saat masih panas/hangat (selesai digunakan). Setelah garam ditaburkan, diamkan hingga oven menjadi dingin. Agar oven di rumah selalu bersih dari kotoran yang menempel, ada cara yang bisa kita lakukan. Jika sudah dingin, sikat tumpahan makanan yang telah terbakar dengan spons basah.

HILANGKAN MINYAK

Selanjutnya adalah lemak sisa makanan dapat menempel di oven. Gunakan garam untuk membersihkannya. Caranya, taburilah garam saat oven masih panas. Setelah dingin, sikatlah dengan sikat kasar. Bagian dalam oven pun dapat dibersihkan tanpa menyikatnya dengan kasar hingga menggoreng lapisannya. Caranya, bubuhkan sedikit soda kue yang telah halus di atas spons lembab dan gosokkan.

MERAWAT OVEN

Agar oven awet, harus segera dibersihkan secepatnya dari sisa-sisa makanan yang mongering. Soda kue dapat dimanfaatkan untuk merawat oven. Campurkan soda kue yang dengan air, kemudian gosok-gosokkan pada dinding serta dasar oven. Setelah itu, nyalakan oven tersebut dengan api kecil selama 30 menit. Setelah 30 menit, kerak-kerak yang menempel akan mudah dibersihkan dengan mencuci seperti biasa.