Cara Membuat Sirkulasi Udara di Dapur Minimalis

Oleh Admin
Friday, 17 Sep 2021 05:21:44

JAKARTA - Membuat sirkulasi udara di dapur menjadi sangat penting untuk diterapkan. Terlebih bagi pemilik yang hobi memasak, harus paham terhadap cara menyiapkan sirkulasi udara di dapur ini. Pasalnya, jika salah menata kondisi panas dan bau masakan tidak kunjung hilang di dalam dapur. Tentu ini sangat mengganggu bagi para penghuni lain pada rumah tersebut. Oleh sebab itu, berikut cara menata sirkulasi udara di dapur harus dilakukan secara tepat dan benar. Yuk kepoin caranya!

BACA JUGA: 
Cara Merawat Peralatan Dapur

Langkah awal, untuk menyiapkan sirkulasi udara di dalam dapur bisa memanfaatkan jendela. Karena fungsi jendela di area dapur sangatlah penting. Selain bisa memberikan penerangan ruangan, adanya jendela di dapur juga memungkinkan pertukaran udara lebih cepat. Jendela memang berfungsi lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan ventilasi.

Kemudian letakkan kompor dekat dengan jendela, tapi jangan sejajar. Alasan itu dilakukan untuk menghindari angin yang akan mengganggu nyala api kompor. Selanjutnya adalah meninggikan plafon untuk mengurangi udara panas di dapur, misalnya bisa memasang plafon lebih tinggi dari ruangan lainnya.

Pilih jenis plafon model jack roof yang bertingkat. Manfaatkan lubang antar atap untuk mengalirkan udara panas. Kemudian di bagian bawah atap seng, bisa meletakkan spon. Selain itu, manfaatkan cookerhood dan exhaust fan.

BACA JUGA: 
Cara Pilih Plafon Rumah Lebih Modern Tapi Biaya Hemat

Alat ini berbentuk seperti cerobong asap dan berguna menyerap udara panas dan juga bau tidak sedap karena proses memasak. Untuk penempatan, bisa memposisikan exhaust fan di sudut ruangan dapur. Manfaat yang paling penting dari alat ini adalah masih ada perputaran udara di dapur agar tetap terasa nyaman.

Kemudian bagaimana cara menentukan posisi dapur. Langkah ini harus mengetahui strategi untuk menempatkan posisi dapur dengan benar. Contohnya, sisi utara dan selatan bisanya lebih sedikit menerima cahaya matahari, jadi sebaiknya area itu untuk area kompor.

BACA JUGA: 
Tips Mengatur Posisi Letak Septic Tank

Sedangkan timur atau barat menjadi tempat area basah untuk tempat cuci piring. Jika dapur sudah terlanjur menghadap ke arah barat, buat penghalang seperti kerai bambu di sisi yang menghadap barat.

Selain itu, perhatikan saluran air. Pasalnya, saluran air juga berperan penting dalam menjaga sirkulasi udara di dapur. Jangan sampai pembuangannya salah. Dapur akan menjadi berbau dan bisa mengurangi kenyamanan penghuni rumah ketika sedang memasak. Nah begitu tadi cara membuat sirkulasi udara di dapur, smoga bermanfaat ya!