Biar Rumah Lebih Estetik, Jangan Asal Pilih Pagar, Berikut Tipsnya

Oleh MinPro
Senin, 05 Des 2022 10:51:40

BIAR rumah terlihat lebih memiliki estetik, jangan asal pilih pagar.

Meskipun tak sedikit Property Seekers lebih menyukai pagar berdasarkan model yang lagi tren, tapi disarankan tetap memiliki estetika tersendiri.

Apalagi, sebuah pagar rumah merupakan salah satu aspek bangunan yang berguna untuk menjaga keamanan lingkungan.

Bahkan, pagar rumah juga bisa menambah tampilan serta indah dipandang mata pada hunian yang menjadi kebanggaan tersebut.

Kendati demikian, masih banyak Property Seekers yang masih bingung cara pilih model atau jenis pagar rumah agar tetap memiliki estetik tersebut.

Lah lebih jelasnya, berikut tips memilih pagar rumah yang lebih menonjolkan estetik sekaligus menjadi penunjang keamanan.

Sesuaikan Pagar dan Desain

Tips pertama yaitu menyesuaikan jenis atau model pagar dan desain rumah yang dimiliki.

Penerapan ini bisa dicontohkan pada desain rumah seperti minimalis, klasik, country, mediterania, victoria, dan masih banyak lagi.

Setelah memperhatikan desain rumah, kemudian Property Seekers bisa menentukan konsep desain terhadap pagar yang bakal di aplikasikan.

Acuan Ukuran Pagar Rumah

Kemudian lebar pada fasad depan juga menjadi salah satu acuan penting terhadap ukuran pagar rumah yang akan diterapkan.

Penentuan ukuran ini menjadi sangat penting agar pagar yang akan dipasang menjadi lebih ideal dengan lebar tampak depan rumah tersebut.

Misalkan saja, untuk rumah dengan ukuran mungil bisa memilih pagar minimalis yang mempunyai tinggi tidak lebih dari pagar 1,2 meter.

Tapi, apabila memiliki bangunan rumah yang besar, maka sebaiknya menggunakan pagar yang tinggi setara dengan ukuran besar juga sangat disarankan.

Langkah ini difungsikan agar rumah tetap estetik dan proporsional antara bangunan dan pagar rumah yang dipilih.

Material Pagar

Selanjutnya, material pagar pada umumnya terbuat dari baham kayu, besi hollow, besi cor, batu hias, dan stainless.

Mayoritas pengguna pagar berbahan besi, sedangkan untuk pagar yang mempunyai banyak motif, bentuk, atau juga model biasanya orang menggunakan kombinasi dari semua bahan tersebut.

Jenis Pagar Rumah

Berikutnya, terkait kekuatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

Banyak sekali bahan seperti kayu yang mudah untuk dirusak. Jadi, Property Seekers dapat menggunakan pagar berbahan besi maupun beton.

Pilihlah bahan yang mudah dibentuk, beberapa jenis material dapat dibentuk dan dikreasikan sehingga dapat menambah keindahan eksterior rumah.

Selain itu, pilih jenis pagar yang mudah untuk perawatannya.

Bahan pagar memang tahan lama tetapi juga menimbulkan banyak masalah seperti berkarat pada besi, sehingga harus dilakukan beberapa perawatan yang tepat.

Pagar rumah memang bukan suatu komponen yang utama. Meskipun, kehadiran pagar di sebuah rumah menjadi terasa penting terutama dalam aspek kelengkapan.
Selain itu pagar juga bisa memperindah dan mempercantik tampilan rumah.

Tak sedikit Property Seekers, lebih memilih dengan pertimbangan harga pagar rumah daripada keserasian.
Kendati demikian, penjelasan tersebut menjadi bahan pertimbangan tersendiri sebelum Property Seekers menentukan jenis pagar yang masih mengedepankan estetik idaman.

 

Semoga bermanfaat ya!

 

-

Kunjungi juga event terbesar di Indonesia Properti Expo mulai 11 - 19 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Ikuti juga informasi terupdate hanya di sosmed IPEX;

Instagram@indonesiapropertiexpo
Tiktok@indonesiaproeprtiexpo