Tips Beli Rumah di Pameran Properti

Tips Beli Rumah di Pameran Properti image
Pada setiap pameran seperti IPEX, pasti  banyak promo yang terbilang menggiurkan.
JAKARTA, SENIN (16/3/2020) - Pameran properti biasanya menjadi momen yang dimanfaatkan bagi banyak orang untuk berburu rumah. Bahkan untuk mendukung program pemerintah membantu masyarakat berpenghasilan rendah, PT. Adhouse Clarion Events bekerjasama Bank Tabungan Negera (BTN) menggelar event bertajuk Indonesia Properti Expo (IPEX) secara reguler 3 kali disetiap tahun.

Namun, tak dapat dipungkiri banyak kelebihan saat beli rumah lewat pameran properti. Untuk pengembang sebagai peserta pameran, event IPEX merupakan ajang terbesar yang bisa dimanfaatkan memasarkan produk properti terbarunya. Begitupun sebaliknya, bagi konsumen kesempatan itu menjadi ajang yang bisa dimanfaatkan untuk berburu properti. Selain banjir promo menarik, juga banyak pilihan properti baru menawarkan layanan kemudahan administrasi, asuransi, proses mudah dan cepat, serta hadiah menarik selama pameran berlangsung. Berikut tips beli rumah di pameran properti;

Pada setiap pameran seperti IPEX, pasti  banyak promo yang terbilang menggiurkan. Sehingga sebagai konsumen yang cerdas harus berhati-hati dalam memilih agar jangan sampai menjatuhkan pilihan yang salah. Kemudian, sebelum berencana beli rumah melalui pameran properti, ada tips-tips penting yang harus diperhatikan sebelum datang ke pameran maupun tips saat mengunjungi pameran.

Selanjutnya, pertimbangkan kemampuan finansial agar lebih mudah menentukan kisaran harga properti yang akan dibeli. Hitung-hitung juga cicilan KPR rumah perbulannya agar memudahkan mengatur pengeluaran bulanan.  Selain itu, harus bisa memperbesar limit cicilan KPR rumah dengan menggabungkan penghasilan bersama pasangan. Sebelum berangkat ke pameran properti, supaya perburuan efektif ada baiknya sudah punya catatan berapa anggaran dan tipe rumah yang dibutuhkan. 

Apalagi Pemerintah dan Bank Indonesia memberikan dukungan yang cukup ke sektor properti antara lain antara lain peningkatan batasan tidak kena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) rumah sederhana dan rumah sangat sederhana, pembebasan PPN atas rumah/ bangunan korban bencana alam, penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 atas hunian mewah dari 5% menjadi 1%, dan peningkatan batas nilai hunian mewah yang dikenakan PPh dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBM).

Bank Indonesia juga mendukung sektor properti lewat kebijakan moneternya, antara lain relaksasi Loan To Value dan pelonggaran Giro Wajib Minimum dan penurunan suku bunga acuan atau BI Rate. Tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan kredit yang mayoritas ditopang sektor KPR sebesar 8-10 persen yang didorong pertumbuhan KPR secara keseluruhan sekitar 17%.

Sementara untuk segmen KPR Subsidi, Bank berkode saham BBTN ini hanya menargetkan pertumbuhan sekitar 3%. Angka pertumbuhan KPR Subsidi yang melandai disebabkan karena kuota FLPP yang diberikan BTN sebesar 220.000 unit, jumlah tersebut terdiri dari Fasilitas Likuidtas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 110.000 unit dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) sebanyak 40.000 unit-45.000 unit. Untuk mencapai target tersebut, strategi yang dijalankan Bank BTN salah satunya dengan aktif menggelar pameran yang mempertemukan konsumen dengan pengembang, seperti IPEX yang diramaikan oleh 105 pengembang.

Pengembang tersebut menawarkan setidaknya ± 650 proyek hunian, mulai dari hunian tapak, vertical dengan desain minimalis dan modern berlokasi strategis, seperti di kawasan berbasis Transit Oriented Development yang tersebar di Jabodetabek yang saat ini sedang digandrungi generasi milenial. Selain hunian yang sesuai dengan selera konsumen saat ini, Bank BTN juga menawarkan beragam promosi menarik di antaranya suku bunga KPR mulai dari 5,70% fixed rate selama 1 Tahun (subsidi bunga dari pengembang pilihan), bebas biaya provisi, bebas biaya administrasi, bebas biaya appraisal dan discount asuransi jiwa 20% serta cashback tabungan hingga Rp 700.000 sesuai dengan plafond kredit yang diberikan.

KPR dengan skema khusus ini akan menjadi bagian dari nilai tambah dari program bundling Bank BTN yang terbaru yaitu BTN Solusi. BTN Solusi adalah program bundling tabungan payroll dengan kemudahan kredit kepada nasabah. Nasabah dari Institusi maupun instansi yang telah bermitra dengan Bank BTN dapat menikmati suku bunga KPR dan Kredit Ringan yang terjangkau serta kemudahan dan kecepatan dalam proses pengajuan Kredit.