Tidak Mudik Tapi Dapat Miliki Rumah Baru? Begini Caranya!

Tidak Mudik Tapi Dapat Miliki Rumah Baru? Begini Caranya!   image
Rumah sejatinya merupakan kebutuhan dasar. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang masih saja menunda untuk membeli rumah.
JAKARTA, SELASA (21/4/2020) - Seiring himbauan pemerintah agar tidak mudik lebaran 2020 ditengah pandemi Covid-19, ternyata banyak hikmah dan manfaat tersendiri. Salah satu manfaat tersebut yaitu bagi masyarakat yang tidak mudik tapi bisa mewujudkan impiannya punya rumah baru. Rumah sejatinya merupakan kebutuhan dasar. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang masih saja menunda untuk membeli rumah. Padahal, syarat pengajuan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR saat ini terbilang makin mudah. Tapi kemudahan di atas tetap saja terasa memberatkan karena jumlah besaran uang muka atau Down Payment (DP) yang masih terbilang cukup tinggi sekalipun Bank Indonesia (BI) telah menerapkan stimulus yang meringankan.

Apalagi, kebijakan untuk konsumen hanya perlu membayar DP 15% saja untuk pembelian rumah pertamanya juga masih terbilang berat. Tentunya ada banyak cara agar bisa segera punya rumah, salah satunya dengan menabung untuk mengumpulkan DP rumah. Nah, seiring himbuan larangan untuk tidak mudik lebaran tahun ini sebetulnya ada banyak peluang untuk meningkatkan jumlah tabungan DP rumah. Bagi seorang pekerja misalnya dengan memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Dana yang dikucurkan jelang dua minggu sebelum Hari Raya ini memang sangat potensial untuk dialokasikan sebagai dana tambahan untuk DP rumah. Tapi besar kecilnya THR memang relatif karena disesuaikan jabatan, lama waktu bekerja, dan kebijakan instansi atau perusahaan itu sendiri. Nah, bagi yang tidak mudik lebaran ditahun ini bisa memanfaatkan uang THR untuk DP rumah, berikut penjelasannya; THR merupakan hak bagi seorang pekerja sekaligus sebagai pemasukan tahunan, sehingga sistem pengelolaannya pun harus bisa dimaksimalkan.

Kemudian, ketika ingin menyisihkan THR untuk menambah DP rumah, sebaiknya ketahui pengeluaran riil tahunan lebih dahulu. Contoh pengeluaran riil tahunan adalah pengeluaran yang tidak bersifat konsumtif bulanan. Misalnya persiapan lebaran, seperti biaya pulang dan balik mudik tahunan, liburan ditengah mudik, dan kebutuhan lebaran lainnya.

PENGELUARAN TAHUNAN Jadi bisa manfaatkan THR untuk membantu membayar DP rumah asalkan sudah dikurangi kebutuhan pengeluaran tahunan diatas. Sah-sah saja jika ingin menggunakan seluruh uang THR untuk membayar DP rumah, karena tidak mudik. Kecuali menyisihkan sabagian pengeluaran untuk kirim uang ke orang tua di kampung halaman.

DIKORBANKAN Bagi THR berdasarkan kebutuhan. Misalnya 50 persen ditabung untuk DP rumah, sisanya gunakan sesuai kebutuhan pengeluaran tahunan. Jika jumlah THR-nya terbatas, maka berperilakulah sehemat mungkin selama tidak mudik.

PROMOSI PENGEMBANG Sambil menabung DP rumah, lihat peluang promo khusus yang ditawarkan banyak pengembang perumahan. Manfaatkan event Indonesia Properti Expo (IPEX) yang berlangsung secara rutin di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Karena penjualan properti biasanya ada banyak promo menarik dan diskon harga yang lebih kompetetif. Bahkan, ada pengembang yang menawarkan tanpa DP serta ada uang cash back hingga ratusan juta.