Prinsip Fengshui Terhadap Warna Cat Kamar Tidur

Prinsip Fengshui Terhadap Warna Cat Kamar Tidur image
JAKARTA –  Percaya atau tidak, ternyata ilmu Fengshui mempunyai prinsip terhadap warna cat kamar tidur.
Tak sedikit dalam desain maupun dekorasi interior rumah, ilmu Fengshui dipercaya memiliki prinsip dalam filsafat timur yang sedang mencari keseimbangan dari aliran energi yang ada didalam rumah. Pada prinsipnya, ilmu Feng Shui  mempunyai tujuan dalam menyeimbangkan dari aliran Yin dan Yang serta dari aliran Chi. 

Jenis warna ternyata juga mempunyai aspek terpenting dari sebuah lingkungan hidup dan menimbulkan sebuah vibrasi bagus menguatkan energi. Disarankan, menggunakan jenis warna secukupnya saja dalam menciptakan  dekorasi yang dirasa bisa menciptakan keindahan, kedamaian dan santai.  Berdasarkan prinsip menurut ilmu Fengshui mempunyai keseimbangan dari 5 elemen di bumi. 

Pertama adalah kayu, api, logam, tanah dan air. Kelima unsur tersebut seharusnya berada di dalam keseimbangan warna cat kamar tidur menurut Fengshui yang baik. Kemudian, prinsip dalam penggunaan cat dinding disetiap warna memiliki karakter negatif dan positif masing-masing. 
Idealnya adalah rumah atau kamar tidur ini didekorasi dengan selera dari si penguni rumah, supaya nantinya bisa merasakan kenyamanan. 

Pilihlah cat dinding ataupun dekorasi ruangan secara bijak untuk menguatkan sebuah efek dari emosional yang terdapat pada jenis warna tersebut. Cara ini karena disetiap warna memiliki hal yang bisa membangkitkan emosi disetiap orang. 

Dalam ilmu Fengshui, setiap warna mempunyai  karakter masing-masing. Setiap warna merupakan perwakilan dari unsur yang ada di alam. Sebenarnya semua warna memiliki nilai positif dan negatifnya masing-masing. Karena itu sebaiknya setiap warna dikombinasikan dengan warna lain. 

Kalau tidak, tekan nilai negatif tersebut dengan dekorasi lain. Memang penghuni tetap sangat bergantung dari pengalaman hidup secara individual dan bagaimana bisa mengasosiasikan dari setiap warna. Kemudian, jenis warna cat kamar tidur menurut ilmu Fengshui yaitu warna merah.

Karena, untuk jenis warna ini dapat menstimulasi dari suasana dominan. Warna merah ini bisa memperbesar tampilan pada sebuah objek, tapi sebaliknya memang akan memperkecil dari ruangan. Warna ini sangat baik untuk memberikan sebuah aksen dan baik jika diterapkan di ruang makan, tempat kerja dan paling utama adalah kamar tidur anak. Warna merah akan menghasilkan efek yang hangat dan kaya, namun juga berkesan amarah dan kebencian.

Lalu ada warna biru yang cocok juga untuk ruangan tidur atau meditasi. Warna biru sering dikaitkan dengan kedamaian, kesabaran dan spiritualitas. Jenis warna ini memiliki unsur air dan mampu menimbulkan efek ketenangan. Beberapa warna biru yang bisa dijadikan pilihan diantaranya adalah biru donker, biru laut ataupun campuran antara warna biru pekat dan hitam. Perpaduan warna tersebut mampu menciptakan kesan tenang, relaks dan imajinatif. 

Sebenarnya untuk mencari refrensi penerapan warna ini juga bisa berkunjung di pameran properti. Apalagi, diajang seperti Indonesia Properti Expo yang akan digelar pada 15 - 23 Februari 2020 di JCC Senayan juga banyak contoh maket ratusan proyek properti. Diantaranya, seperti warna yang bisa diterapkan di kamar mandi, agar terkesan lebih segar.

Selanjutnya, warna hijau yang menyimbolkan kesuburan dan harmoni, warna hijau untuk mendapatkan ketenangan dan keteduhan. Jenis warna hijau melambangkan optimisme, keseimbangan sehingga baik sebagai warna cat kamar tidur menurut fengshui yang memberikan keteduhan dan kedamaian. Kemudian, jenis warna putih bisa digunakan untuk ruang tidur, putih ini bersih dan segar, namun memang terkesan datar karena tidak bervariasi. Pedoman ini hanyalah untuk pedoman umum dalam menentukan warna sesuai fengshui kamar tidur. 

Untuk kesan kreatif dan fokus, warna putih bisa menjadi pilihan. Warna ini merupakan warna netral yang membawa unsur metal. Putih juga sangat cocok untuk warna utama ataupun warna pendamping. Memadukan warna ini juga sangat mudah. Untuk memberikan kesan baru, warna ini bisa dipadukan dengan warna merah, ungu, abu-abu ataupun warna lainnya. Salah satu warna yang baik dalam feng shui adalah warna ungu. Warna ungu mengandung unsur angin. Warna ini memiliki korelasi positif dengan kekayaan, kejayaan, kemakmuran dan sesuatu yang bersifat elegan. Kemudian, untuk mengoptimalkan kesan yang terpancar, warna ungu sangat baik jika dipadukan dengan warna biru. Warna ini dipercaya mampu menurunkan stress dan cocok untuk kamar tidur.