Keuntungan Maksimal Beli Rumah di Pameran Properti

Keuntungan Maksimal Beli Rumah di Pameran Properti image
JAKARTA - Kerumitan mencari rumah tak semudah beberapa tahun silam. 
Tak hanya harga properti yang terus meroket, tapi kondisi penghasilan yang kurang mendukung untuk bisa membayar cicilan rumah. Namun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keuntungan maksimal dibalik pameran properti. Selain banyak promo menarik, masyarakat calon konsumen bisa berkunjung di pameran properti tidak dipungut biaya apapun, sehingga bisa datang ke kapan pun saat ada pameran. Pastinya, berkunjung ke pameran properti itu banyak manfaat dan untungnya. Tak sedikit rumah murah yang ditawarkan pengembang. 

Kemudian, bagaimana cara mendapatkan keuntungan maksimal? Berikut tips beli rumah diajang pameran properti;

1. SURAT PERJANJIAN

Saat berkunjung di pameran properti, pastikan bisa berkeliling menelusuri seluruh stand developer. Setelah tertarik pada salah satu proyek properti diantara stand tersebut, jangan langsung terburu-buru. Pastikan developer yang menawarkan proyek hunian tersebut memiliki legalitas yang jelas serta bisa dipertanggung jawabkan, hingga nantinya bisa melakukan perjanjian jual - beli dihadapan notaris. Kemudian, hindari transaksi atau pembayaran uang muka atau down payment (DP) tanpa adanya tanda terima secara formal. Langkah ini tentunya untuk menghindari aksi yang bisa merugikan konsumen.

2. JANGAN RAGU BERTANYA

Khusus untuk masyarakat calon konsumen yang ingin beli rumah secara kredit melalui fasilitas KPR, jangan ragu untuk menanyakan jenis skema pembiayaan yang ditawarkan oleh developer. Misalnya, mulai dari DP, besar cicilan per bulan, hingga jangka waktu cicilan. Namun jika masih ada yang belum paham, sebaiknya segera tanyakan untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara konsumen dan developer. Selanjutnya, untuk menghindari kasus penipuan, sebaiknya pilih developer yang sudah berpengalaman dan dipercaya dalam hal pengembangan properti.  Manfaatkan internet untuk menggali informasi seputar kinerja dan kredibilitas developer tersebut. 

3. JANGAN TERGODA PENAWARAN

Kemudian ketika berada di area pameran properti, tentunya tak sedikit developer akan berusaha untuk membuat  tertarik terhadap proyek properti yang mereka jual. Sebagai calon pembeli, sebaiknya jangan mudah tergiur, meskipun developer menawarkan berbagai promo dan bonus menarik. Apalagi yang ditawarkan itu tidak masuk akal. Fokuslah pada proyek hunian yang menjadi kebutuhan saja baik sebagai tempat tinggal atau investasi jangka panjang serta jangan terkecoh dengan iming-iming. 

4. MENGETAHUI SPESIFIKASI BANGUNAN

Biasanya calon konsumen hanya ingin melihat-lihat dahulu produk hunian saat di pameran. Untuk itu, jika sudah tertarik pada sebuah lokasi perumahan, pastikan  mengetahui spesifikasi rumah yang diincar, mulai luas tanah dan bangunan, fasilitas, hingga kondisi lingkungan di sekitar rumah.