Inilah Kota yang Cocok untuk Investasi Properti

Inilah Kota yang Cocok untuk Investasi Properti image
para investor properti merasa tertarik menanamkan dana investasinya di beberapa kota di Indonesia
JAKARTA, JUM'AT (20/3/2020) - Seiring terus meningkatnya secara positif perekonomian di Indonesia, belum lama ini dikeluarkan dari daftar negara berkembang versi Amerika Serikat, karena dianggap sudah menjadi negara maju dan mtergolong baik di kawasan Asia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara keseluruhan tahun 2019 lalu, ekonomi Indonesia bertumbuh sebanyak 5,02%.

Melihat pertumbuhan ekonomi itu, Tanah Air kian dilirik para investor karena sektor propertinya dianggap punya potensi investasi dan peluang lebih baik di masa mendatang. Konsultan real estat global, Colliers International melaporkan bahwa dari data yang mereka miliki, para investor properti merasa tertarik menanamkan dana investasinya di beberapa kota di Indonesia. “Berdasarkan apa yang tim kami lihat di pasar modal, sebagian besar investor asing tertarik untuk berinvestasi di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi),” tutur Steve Atherton, Director Capital Markets & Investment Services Colliers International.


Steve memaparkan, selain dikenal sebagai pusat bisnis, Jabodetabek juga tengah mengalami pengembangan infrastruktur yang masif. Menurutnya, banyak pengembang melihat peluang pada peta infrastruktur dan konsep pengembangan berbasis transit orientated development (TOD), khususnya di landmark utama seperti MRT, LRT, jalur bus, dan kereta Commuters Line. “Developer lokal dan internasional saat ini berfokus pada pengembangan mixed-use yang berorientasi pada konsep transit oriented. Mereka mencari tempat-tempat yang dekat dengan sistem transportasi,” kata Steve. Lebih lanjut dikatakan Steve, umumnya para developer bersedia bersedia membayar lebih untuk tanah di sekitar stasiun TOD. Mereka berharap dapat menjual ruang kantor, apartemen, dan ruang ritel lebih cepat dan dengan harga yang lebih tinggi. “Masyarakat bosan dengan kemacetan lalu lintas, perjalanan panjang dan polusi. Pada akhirnya mereka ingin memiliki sebuah hunian yang nyaman dan tempat bekerja dengan jarak dekat, sehingga membuat kualitas hidup lebih baik,” ucap Steve Atherton. Tiga Kota di Indonesia Ini Punya Potensi Investasi. Selain Jabodetabek, Colliers melihat terdapat tiga kota lainnya di Indonesia yang memiliki potensi investasi pada sektor properti. Kota-kota tersebut meliputi Surabaya, Makassar, dan Medan. Secara terpisah, Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia mengatakan nilai transaksi penjualan properti di tiga kota tersebut tergolong baik. “Kami tidak mendengar tentang banyak kota lain yang terus memiliki penjualan properti yang kuat, selain Surabaya, Makassar dan Medan. Banyak developer akan mengatakan bahwa kota-kota itu mencatatkan penjualan terbaik bagi proyek mereka,” jelas Ferry. Jenis properti yang cocok untuk masing-masing kota, menurut dia mungkin berbeda dari satu ke yang lain. Pertumbuhan pasar properti Surabaya didominasi oleh rumah tapak (landed house) yang banyak dikembangkan di wilayah Barat dan Timur dari Kota Surabaya. Sedangkan, di Makassar dan Medan proyek apartemen semakin meningkat mendominasi pasar.