Cara Pilih Developer yang Baik

Cara Pilih Developer yang Baik image
Pengembang yang kredibel dan bertanggung jawab harus punya kalender konstruksi
JAKARTA, RABU (12/2/2020) - Teliti sebelum beli rumah, jangan mudah tergiur penawaran menarik dan harga murah. Sebelum beli unit properti, sangat penting mengetahui cara memilih developer atau pengembang properti yang baik. Diantaranya, mengetahui tentang reputasi dari pengembang tersebut. Apalagi, banyak tenaga penjualan properti sering memberi iming-iming kemudahan pembayaran beserta presentasi singkat proyek lewat media brosur.

Namun, pernahkah berpikir bahwa pengembang itu benar-benar bisa mewujudkan proyeknya sesuai dengan yang dijanjikan. Kemudian bagaimana developer ini pernah membuat proyek serupa dan seberapa besar komitmennya untuk membuat konsumen merasa puas? Oleh karena itu, langkah penting yaitu melakukan riset mendalam mengenai profil pengembang properti. Mulai dari proyek yang pernah dikerjakan, bisa mendapatkan banyak informasi penting. Misalnya, apakah mereka menyelesaikannya tepat waktu.

Bagaimana review dari para penghuni atau calon pembeli properti. Pengembang yang baik tidak hanya membangun sebuah proyek perumahan, tapi juga meningkatkan harga jual beserta prospek investasi di masa depan. Selain sejumlah proyek perumahan atau apartemen dibuat standar dan umum juga dipersiapkan unit hunian dan fasilitas umum seperti taman, kolam renang dan jogging track.

Di sisi lain, ada beberapa pengembang yang memikirkan konsep mendalam ketika membangun perumahan. Misalnya unit huniannya dikelilingi fasilitas dan gaya hidup lengkap, seperti rekreasi, komersial dan pusat bisnis. Kondisi proyek seperti ini yang bisa memberi keuntungan besar bagi penghuni rumah.

Lantaran para konsumen dapat menjangkau segala kebutuhan dan aktivitas sehari-hari bisa ditempuh hanya berjalan kaki. Mereka bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari, bertemu teman, makan malam di luar atau menonton film terbaru di bioskop. Kemudian, pengembang mengandeng perusahaan besar untuk bekerjasama mendirikan cabang baru di dekat area hunian. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, area hunian akan menjadi ramai dan membuka peluang pekerjaan bagi warga sekitar.

Jadi, visi yang ditawarkan developer atau pengembang itu tidak sebatas membangun sebuah tempat tinggal nyaman namun membangun area yang memenuhi standar kebutuhan hidup. Pengembang yang kredibel dan bertanggung jawab harus punya kalender konstruksi yang jelas. Mereka harus punya modal yang cukup untuk menyelesaikan proyek dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Ketika peluncuran proyek, pengembang biasanya mengumumkan rencana pembangunan, mulai dari anggaran keuangan, jumlah unit yang dipasarkan, dan target waktu serah terima.  Calon konsumen bisa mengecek hal ini dari pemberitaan pers/media, baik online maupun offline.

Sukses dalam proyek sebelumnya. Sangat penting untuk mengetahui sepak terjang pengembang dari proyek yang pernah diselesaikannya. Masyarakat calon konsumen juga bisa mengecek proyek sebelumnya dari website perusahaan, kemudian riset setiap proyek lewat berbagai sumber seperti opini dari penghuni rumah, atau pemberitaan dari media masa. Opini publik adalah tolok ukur yang ideal untuk mengetahui sebaik apa hasil kerja pengembang.

Pengembang properti yang memiliki modal terbatas cenderung menunda proyek pembangunannya atau yang lebih buruk, menggunakan material dibawah standar. Untuk itu, perlu mengecek kondisi finansial sebagai bagian dari investigasi. Kondisi keuangan perusahaan bisa dicek dari laporan bisnisnya. Biasanya mereka yang bekerja di industri media/berita memiliki data lengkap mengenai performa perusahaan besar. Kondisi keuangan yang sehat juga ditandai dari berapa unit properti yang sudah terjual, atau kesuksesan dari pembangunan fase pertama. Dengan demikian Anda bisa meyakini bahwa si developer sudah punya “pundi-pundi” modal yang cukup untuk melanjutkan proyeknya.